Cara Mensyukuri Nikmat Pemberian Allah

Artikel

Allah SWT memberikan nikmat kepada manusia sangat tak terkira jumlahnya. Nikmat itu bukan hanya berupa materi, banyak kenikmatan yang sepantasnya sangat kita syukuri. Nikmat kesehatan yang tak terbeli, bersyukur Allah masih memberikan kita nikmat masih hidup dunia. Artinya, Allah SWT masih memberikan kemurahan hati-Nya pada kita agar kita senantiasa memperbaiki diri menyiapkan kematian yang tak terduga datangnya.

Bagaimana Cara Bersyukur Kepada Allah ?

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang mengandung makna, jika manusia senantiasa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan niscaya Allah akan menambah nikmat-Nya. Sebaliknya, jika manusia kufur akan nikmat maka Allah akan memberikan azab yang pedih kepada-Nya. Arti ayat Al-Quran tersebut menegaskan kepada kita bahwa kia harus selalu bersyukur atas apa yang diberikan Allah kepada kita. Bahkan dibalik suatu musibah pun ada hikmah yang harus kita syukuri.

Ada beberapa cara untuk mensyukuri nikmat Allah. Cara mensyukuri nikmat Allah dapat dilakukan secara lisan, syukur dalam hati dan perbuatan. Berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara bersyukur kepada Allah, agar hati menjadi tak gelisah karena menyadari bahwa Allah selalu berada di sisi kita.

  1. Bersyukur dengan lisan

Bersyukur dengan lisan yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Ketika Anda masih bisa bernapas dengan baik saat bangun tidur ucapkanlah hamdalah. Hal ini akan menjadi energi yang sangat positif untuk Anda dalam beraktivitas seharian. Syukurilah hal-hal yang menurut Anda sepele atau pun kecil sekalipun.

  1. Tersenyum

Salah satu cara mudah untuk mensyukuri nikmat yaitu dengan tersenyum. Senyuman Anda akan menjadi nikmat untuk Anda maupun untuk orang lain. saat Anda tersenyum energi positif akan masuk dalam diri Anda. Hal ini akan menjadikan Anda lebih senang dalam beraktivitas. Selain itu, senyum Anda berikan pada orang lain juga akan memberikan energi yang baik untuk mereka.

  1. Ingatlah Allah dalam Setiap Langkah Hidup

Ingatlah bahwa Allah yang telah memberikan segalanya kepada kita. Berzikir kepada Allah merupakan bentuk bersyukur. Dengan selalu mengingat Allah maka hati kita akan selalu tenang. Sehingga, kita akan lebih optimis dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini.

  1. Tidak Berprasangka Buruk

Hati manusia adalah tempat dimana ia bisa berprasangka yang baik maupun buruk. Prasangka tersebut tidak dapat diketahui oleh orang lain, tetapi Allah akan selalu mengetahui segala apa yang ada dalam hati manusia. Berprasangka baiklah agar hati menjadi tenteram dan damai. Prasangka buruk hanya akan membuat hati dan pikiran menjadi semakin kacau dan berantakkan.

  1. Bersedekah

Dengan berbagi kepada orang lain, Anda dapat membagi nikmat dan kebahagiaan yang Allah berikan kepada kita. Bersedekah pada orang yang membutuhkan akan menjadikan Anda merasa bersyukur atas hidup Anda. Saat bersedekah, bukan hanya tentang seberapa banyak yang bisa Anda berikan. Tapi tentang bagaimana Anda bisa berbagi keikhlasan dan kebahagiaan pada orang lain.

  1. Mengingat Hal Baik

Saat Anda bersedih, ingatlah hal-hal baik yang pernah Anda alami. Ketika itu terjadi, setidaknya akan membuat perasaan Anda menjadi lebih baik. Terlalu larut dalam kesedihan juga hanya akan membuat hati menjadi semakin terluka. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengingat hal baik agar kesedihan tidak menghinggapi Anda berlarut-larut.

  1. Bersyukur dengan Hati

Bersyukur dari hati dapat dilakukan dengan menyadari dan mengakui dengan sepenuh hati bahwa apa yang kita nikmati di dunia ini berasal dari Allah. Hanya Allah yang mampu memberikan kita berbagai nikmat yang sangat banyak. Allah lah yang maha berkehendak atas segala sesuatu.

  1. Melihat ke bawah

Saat hati sedang kacau atau usahamu gagal, maka cobalah lihat orang yang hidupnya jauh lebih susah dari pada yang kamu alami. Melihat mereka akan sedikit membuatmu menjadi tenang dan bersyukur atas hidupmu. Lihatlah orang yang berada di bawah kita untuk urusan dunia. Sebaliknya lihatlah orang yang lebih baik dari kita untuk urusan akhirat.

  1. Meningkatkan Ketaatan Kepada Allah

Bentuk rasa syukur yang sangat nyata adalah dengan meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah. Meningkatkan ketaatan kepada Allah dengan banyak beribadah, shalat tepat waktu, banyak bersedekah dan amalan sholeh lainnya. menghindarkan diri dari kemaksiatan juga merupakan bentuk rasa syukur yang nyata.

  1. Merawat Nikmat yang Allah berikan

Nikmat yang Allah berikan jumlahnya tak terbatas. Salah satu nikmat yang harus kita syukuri seperti nikmat sehat yang sangat mahal harganya. Nikmat mahal bahkan tak bisa dinilai dengan uang. Menjaga kesehatan seperti tidak merokok, rajin berolahraga juga menjadi salah satu bentuk rasa bersyukur kepada Allah SWT. Merawat kebersihan lingkungan juga menjadi cara bersyukur yang sangat baik.

Hikmah Bersyukur kepada Allah

Bersyukur adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap manusia. Sederhananya syukur adalah ucapan terima kasih kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan. Syukur dapat diartikan sebagai cara membalas kenikmatan dengan perkataan, hati dan perbuatan. Bersyukur juga diartikan sebagai ucapan untuk memberikan pujian kepada Allah. Berikut ini beberapa hikmah yang akan didapatkan ketika kita bersyukur.

Dengan bersyukur hati akan menjadi lebih bahagia. Bersyukurlah untuk bahagia, bukannya bahagia dulu baru bersyukur. Kalimat ini mungkin sering Anda dengar. Kalimat sederhana namun dalam maknanya. Menghindarkan diri dari kekufuran, bersyukur akan membuat kita sadar bahwa tak ada yang bisa memberikan segala sesuatu kecuali Allah.