Beginilah Cara Menjalankan Sholat Yang Benar

Artikel

Dan dalam Kitab Al Mudawwanah 1:156 telah dikisahkan tentang nasihat seorang sahabat Nabi bernama Umar bin Khatab r.a kepada para gubernurnya yang berada di bawah kekuasaan khilafah beliau, “Bahwa sesungguhnya urusan yang terpenting bagi umatKu adalah sholat. Barang siapa menjaga sholatnya maka terjagalah agamanya. Siapa yang menyepelekan sholat, maka ia pun telah menyepelekan urusan lainnya. Tidak ada tempat dalam Islam bagi orang-orang yang telah meninggalkan sholat”.

Keutamaan Sholat Dalam Islam

  • Sholat adalah Rukun Islam kedua setelah umat Islam mengucapkan dua kalimat syahadat.

Rasulullah bersabda bahwa Islam didirikan atas lima perkara yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah SWT, bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mengerjakan dan mendirikan sholat, berpuasa di bulan Ramadhan, berzakat, dan berangkat haji ke Baitullah jika mampu (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim).

  • Sholat adalah tiangnya agama.

“Sholat merupakan tiang agama”, begitulah sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadist yang kesahihannya sederajat dengan hasan shohih yang telah diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Tirmidz.

  • Allah SWT telah menurunkan perintah sholat langsung kepada Rosul-Nya, tanpa perantara di malam paling mulia, dan sholat merupakan kewajiban yang diperintahkan Allah SWT.

Allah telah mensyariatkan seluruh ibadah lain kepada Rosul-Nya melalui perantara malaikat Jibril, kecuali sholat.

Sholat diperintahkan oleh Allah SWT atas umat muslim di muka bumi langsung kepada Nabi Muhammad SAW di malam Isra Mi’raj pada malam lailatul qadr di bulan Ramadhan dimana pada malam itu Nabi dipanggil langsung oleh Allah ke langit ke tujuh.

  • Sholat adalah amalan pertama kali yang akan dihisab nanti di hari Kiamat.

Dari Hadist Riwayat Abu Hurairah r.a, Nabi bersabda bahwa amalan dari hamba yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah amalan sholat. Jika baik sholatnya, maka baik pula keberuntungan dan keselamatannya di akhirat. Jika sholatnya rusak, Allah akan melihat apakah hamba tersebut mempunyai amalan-amalan sholat sunnah, karena amalan sholat sunnah itu akan menyempurnakan kekurangan sholat wajibnya, begitu juga amalan ibadah lainnya, juga akan seperti itu.

  • Sholat merupakan wasiat terakhir dari Nabi sebelum beliau wafat.

Nabi Muhammad SAW ketika menjelang wafatnya, beliau mewasiatkan jagalah sholat kepada seluruh umatnya. Ini diriwayatkan oleh sahabat Ummu Salamah r.a berdasarkan Hadist Riwayat Ahmad.

  • Sholat merupakan bagian dari Islam yang paling terakhir dicabut dari muka bumi.

Dikisahkan oleh Zaid bin Tsabit dalam Hadist Riwayat Al-Hakim dan Tirmidzi, Rasulullah telah bersabda yang pertama diangkat dari umat manusia adalah amanatnya, dan yang paling akhir dan tersisa adalah sholatnya.

  • Allah telah menjanjikan bahwa ciri utama orang-orang yang beruntung adalah umat yang menjaga sholatnya, dan sholat adalah perintah ibadah yang termaktub dalam Al Qur’an.

Dalam Qur’an Surat Al Mukminun 1-9 Allah telah berfirman bahwa “orang-orang yang beruntung adalah orang-orang yang beriman. Yang khusyu’ sholatnya, menjauhkan diri dari hal-hal perbuatan maupun perkataan yang tidak berguna, menunaikan kewajiban berzakat, menjaga kemaluannya kecuali kepada para istrinya atau budak yang mereka punyai. Barang siapa yang mencari di balik itu semua, maka mereka termasuk orang-orang yang telah melampaui batas. Dan orang-orang yang telah menjaga amanah dan janji-janjinya. Serta orang-orang yang telah menjaga sholatnya.”

  • Sholat merupakan tanda keimanan seseorang.

Sholat adalah ibadah yang paling agung kedudukannya, karena tidak hanya dilihat oleh Allah dari kesempurnaan gerakan dan bacaannya saja, melainkan imannya yang mencakup niat ibadah dari keteguhan hati.

  • Sholat adalah ibadah yang wajib dikerjakan walau dalam setiap keadaan.

Bahkan ketika umatnya terlupa atau tertidur sehingga melewatkan waktu sholat, Nabi memerintahkan umatnya untuk meng-qodo’nya.

Cara Menjalankan Sholat Fardlu Dan Sunnah

Dalam Islam sholat adalah ibadah yang wajib dikerjakan walau dalam setiap keadaan. Bahkan ketika umatnya terlupa atau tertidur sehingga melewatkan waktu sholat, menggunakan jam digital bisa membantu Anda sholat, Nabi memerintahkan untuk meng-qodo’nya saat ia telah ingat atau terbangun kembali.

Hal ini menjelaskan betapa pentingnya ibadah sholat fardlu apabila dijalankan dengan cara-cara yang benar. Bahkan para ulama menjelaskan bahwa orang-orang yang terlupa atau tertidur ini termasuk juga orang-orang yang sedang pingsan di dalam pengobatan ataupun koma.

Bila ia pingsan kurang dari tiga hari maka wajib baginya untuk meng-qodo’ sholat fardlu-nya, sedangkan apabila ia pingsan lebih dari tiga hari maka hukum baginya disamakan dengan orang yang sedang gila, sehingga ketika ia sadarkan diri tidak ada kewajiban baginya untuk meng-qodo’.

Sedangkan untuk sholat sunnah, tiada kewajiban untuk menjalankannya, namun keistimewaannya adalah pahala yang besar bila mengerjakannya dan sholat sunnah akan dihitung sebagai penyempurna sholat fardlu di hari Kiamat nanti.

Tuntunan Sholat

Sholat merupakan implementasi dari seorang umat manusia akan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT yang diwujudkan dengan ketaatannya melakukan gerakan ibadah yang dimulai dengan bacaan takbiratul ikhrom dan diakhiri dengan mengucap salam. Sudah banyak tuntutan sholat yang bisa kita temukan yang akan membimbing bagaimana cara menjalankan sholat yang benar.

Hanya saja, sehebat-hebatnya sumber ilmu, maka gurulah sebaik-baiknya sumber. Ada baiknya belajarlah dari seorang Ustadz dan Ustadzah, karena merekalah sebaik-baiknya guru dalam Islam.